Kerupuk Gadung Asli Gandu Kalangsono

  • Nov 23, 2022

 

Gadung atau Dioscorea Hispida Dennust atau adalah tumbuhan yang dikategorikan sebagai tumbuhan semak yang menjalar. Gadung memiliki permukaan batang halus, berduri, warna hijau keputihan. Daunya merupakan daun tunggal berbentuk lonjong, berseling ujung lancip, pangkal tumpul dan berwarna hijau. Bunganya berbentuk tandan di ketiak daun, dengan bentuk kelopak berupa corong dengan mahkota hijau kemerahan. Buahnya berada di dalam tanah (umbi) berbentuk bulat dan setelah tua akan berwa biru kehitaman.

Olahan umbi gadung yang paling banyak dikonsumsi adalah olahan bentuk kerupuk gadung. Namun karena tanaman gadung merupakan umbi yang beracun maka perlu cara khusus untuk mengolahnya menjadi kerupuk yang tidak membahayakan.

Berikut cara yang dilakukan untuk membuat kerupuk gadung.

  • Umbi dikupas dan dipotong tipis-tipis kemudian direndam dalam air yang dibubuhi garam
  • Lalu umbi dicuci dalam air yang mengalir sampai bersih
  • Ditaburi abu gosok sampai merata dan dibiarkan semalam pada air menggenang yang berbolume tinggi.
  • Paignya dicuci lagi sampai bersih dengan air mengalir sampai bersih
  • Kemudian dikeringkan di bawah matahari
  • Jika sudah kering bisa langsung digoreng

Tekstur padat dan kaya serat pada gadung membuat rasa kerupuk gadung memiliki cita rasa yang unik dan sangat cocok untuk camilan.

Tanaman Gadung Dusun Gandu Desa Kalangsono Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang masih terjaga dengan baik. Hutan pegunungan yang masih luas membuatnya tumbuh dengan baik. Petani sekitar pun bijak dalam mengolah lahanya yakni jika telah diambil umbinya mereka akan menanam tunas-tunas yang baru uantuk menggantikan umbi yang mereka panen. Setiap tahun menjelang lebaran idull fitri khususnya dusun gandu akan dibajiri pesanan kerupuk dari berbagai daerah. Hal ini karena gadung gandu memang dikenal paling baik dalam pengolahan dan rasanya lebihh enak tidak memabukan.Gadung menjadi komoditas utama Desa Kalangsono yang pasti dipamerkan dalam Expo Kabupaten Batang.
Dusun Gandu Desa Kalangsono siap menerima pesanan kerupuk gadung baik dalam jumlah kecil maupun besar. Bagi penikmat kerupuk gadung, Dusun Gandu Desa Kalangsono Banyuputih Batang adalah destinasi tepat untuk berbelanja. Selain harga yang lebih murah karena langsung dari petaninya, pembeli juga tidak akan kecewa dengan kualitas kerupuk yang dikenal sebagai kerupuk gadung terbaik di Batang.